Pengertian, Fungsi dan Contoh Rebranding
Pengertian, Fungsi dan Contoh Rebranding
Saat di mana tren dunia tetap berubah, barangkali susah untuk mempertahankan citra moderen bagi sebuah merek. Rebranding adalah opsi yang sering diabaikan oleh pemilik bisnis, namun menjaga tampilan dan nuansa merk Anda selalu fresh dan terkini bisa menjadi kunci untuk menjaga perusahaan Anda selalu berada di puncak industri Anda.
Rebranding merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk merubah keseluruhan atau memperbaharui sebuah brand yang telah tersedia agar jadi lebih baik bersama tidak meremehkan obyek awal perusahaan, yaitu berorientasi profit. Ini adalah siasat pasar menambahkan nama baru, simbol, atau perubahan desain untuk merk yang sudah mapan. Ide di balik rebranding adalah untuk menciptakan identitas yang berlainan untuk sebuah merek, dari pesaingnya, di pasar.
Ada beberapa alasan perusahaan jalankan rebranding. Salah satu faktor utama adalah terhubung bersama pelanggan. Rebranding bagus untuk bisnis, namun pada waktu yang serupa bisa berisiko. Selalu ada barangkali pembeli tidak menyukai merk baru.
Ada dua tipe rebranding: satu Proactive rebranding dan yang lainnya Reactive rebranding. Rebranding pro-aktif ditunaikan kala sebuah perusahaan paham bahwa ada kesempatan untuk tumbuh, berinovasi, memasuki bisnis atau pelanggan baru, dan terhubung lagi bersama penggunanya.
Sementara rebranding reaktif ditunaikan didalam kondisi di mana merk yang sudah ada sudah tidak dilanjutkan atau diubah. Alasan yang barangkali untuk tindakan semacam itu bisa menjadi karena merger & akuisisi, persoalan hukum, publisitas negatif seperti penipuan, yang bertujuan untuk mengalahkan persaingan, atau sebabkan ceruk pasar Anda sendiri.
Fungsi Rebranding Bagi Bisnis
1. Terhubung bersama Audiens Baru
Keuntungan terbesar untuk beri kesegaran tampilan dan nuansa merk Anda adalah kemampuannya untuk menjangkau pelanggan baru. Saat Anda berfokus pada faktor baru bisnis Anda dan mempromosikannya bersama benar, orang dapat memperhatikan. Rebranding bisa menawarkan stimulasi yang diperlukan bisnis Anda untuk menciptakan perkembangan baru di pasar yang tetap berkembang.
2. Membedakan Diri Anda dari Pesaing Anda
Saat Anda mengembangkan bisnis, kekuatan Anda barangkali terasa beradu segera bersama pesaing di industri yang serupa bersama Anda. Perubahan merk bisa menjadi cara paling efisien untuk membedakan penawaran dan pendekatan perusahaan Anda.
Membedakan merk Anda memperlihatkan kepada calon klien bahwa layanan Anda unik dan Anda adalah ahlinya. Rebranding perusahaan Anda supaya punya suara, tampilan, dan nuansa sendiri dapat menunjang membangun bisnis Anda sebagai pemimpin industri bersama kepribadian yang menarik bagi audiens Anda.
3. Tetap Up to Date
Rebranding punya satu target sederhana: untuk menjaga merk Anda selalu up to date. Tren desain memainkan peran utama didalam bagaimana pelanggan potensial atau waktu ini menyaksikan perusahaan Anda dan seluruh yang ditawarkannya.
Memastikan bahwa tampilan Anda selalu terakhir memperlihatkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda memperhatikan tren didalam industri yang ada.
4. Memunculkan Tujuan, Produk, Penawaran, atau Nilai Baru
Sulit untuk memperlihatkan bagaimana perusahaan Anda sudah berkembang kalau merk Anda tidak mencerminkannya. Jika Anda sudah berkembang untuk menawarkan product baru, berkembang bersama melampirkan lebih banyak layanan, atau mengambil keputusan target baru untuk bisnis Anda, maka rebranding adalah cara yang bagus untuk memperlihatkan bahwa bisnis Anda berkembang.
5. Meningkatkan keuntungan pada bisnis
Manfaat rebranding tidak hanya dapat memengaruhi siasat masuk Anda secara keseluruhan, namun termasuk dapat sebabkan perusahaan Anda lebih menguntungkan.
Menjangkau calon klien baru, menonjol dari pesaing Anda, memperlihatkan keahlian Anda, dan memperluas pengaruh serta jangkauan product dan layanan Anda adalah cara yang efisien untuk menambah keuntungan Anda hanya bersama menambahkan merk dan tampilan baru Anda.
Contoh Kasus Rebranding yang Berhasil
Apple
Ingat di awal sampai pertengahan 90-an kala Microsoft menguasai industri perangkat lunak computer dan Apple hampir tidak bertahan? Ini adalah cerita yang jauh berlainan hari ini, dan itu beberapa besar adalah anggota dari kembalinya Steve Jobs dan perubahan merk Apple yang di awali pada tahun 1998.
Warna yang menarik. Cantik, enteng dioperasikan. Maaf, tidak ada warna krem. Ini cuman beberapa slogan iMac yang berpasangan sempurna bersama tampilan baru yang belum dulu dilihat dunia PC sebelumnya.
Anda tidak hanya bisa memilih warna Anda sendiri untuk sentuhan pribadi, namun PC dan monitor Anda saat ini menjadi unit all-in-one, yang masuk akal. Logo Apple termasuk mendapat perubahan waktu ini untuk mengatur bersama product baru mereka, menghalau tampilan pelangi untuk tampilan yang mengkilap dan berkaca. Tagline baru mereka menjadi “Think different”.
Dengan Steve Jobs memimpin perusahaan, Apple selalu bersama tampilan baru mereka, yang menampilkan desain bersih dan perpesanan yang disederhanakan.
Mereka tetap menciptakan product yang sangat inovatif, merilis ipod, iphone, dan ipad, waktu pesaing mereka mengupayakan keras untuk mengikutinya. Selama bertahun-tahun, Apple sudah membangun pengikut setia, dan sudah menambah diri menjadi tidak benar satu merk paling tenar di seluruh dunia.
McDonalds
McDonalds sudah menjadi pemimpin didalam industri makanan cepat saji selama beberapa dekade, namun, citra mereka tidak selalu positif.
Pada awal th. 2000-an, ini secara luas dipandang sebagai pilihan makanan cepat saji paling rendah dan tidak sehat berasal dari sekian banyak. Banyak orang apalagi memboikotnya, bersama sikap “terlalu-baik-untuk-McDonalds”.
Peluncuran film dokumenter tenar “Super Size Me” pada tahun 2004 memainkan beberapa besar persoalan ini, khususnya mengfungsikan McDonalds untuk memperlihatkan bahwa makanan cepat saji sangat buruk bagi kebugaran kita.
McDonalds perhatikan stigma ini dan mengambil tindakan terhadap tahun 2006. Mereka mengubah menu mereka untuk menambahkan pilihan yang lebih sehat dan berkualitas lebih tinggi untuk menarik orang yang paham kesehatan.
Salad, dan sandwich “signature crafted” memulai debutnya di pada item menu tradisional mereka. Mereka termasuk menambahkan fokus baru pada minuman kopi, memberi mereka keistimewaan yang tidak dimiliki pesaing mereka.
Sebagai pelengkap, mereka seutuhnya mengerjakan lagi bangunan dan desain interior mereka menjadi lebih seperti daerah kopi favorit hipster dan bukan seperti kafetaria. Citra baru mereka tampaknya berhasil termasuk — pendapatan McDonald’s meningkat 58% sejak desain lagi mereka.
Comments
Post a Comment